speak out!!

setiap kejadian dalam blog ini adalah nyata. bila terdapat kesamaan tokoh, kejadian atau tempat... hm, sorry.
saya tidak memaksa anda untuk membaca blog ini. tapi jika itu pilihannya, nikmati!!

Saturday, January 10, 2009

antara israel, palestina dan papua

dua minggu terakhir berita perang antara israel dan palestina ramai dibicarakan. beberapa ormas islam di indonesia dan beberapa aktivis lainnya turun ke jalan untuk menghimbau pemerintah israel untuk menghentikan segala bentuk penyerangan. ternyata nggak cuma di indonesia aja yang ramai. hampir seluruh negara-negara dunia mengecam keras tindakan israel. dan sudah ratusan jiwa tewas dan ratusan jiwa terluka akibat penyerangan israel. belum lagi infrastruktur yang rusak atau hancur.
see? perang itu bukan menyelesaikan masalah tapi justru menambah masalah. apakah israel punya hati? mungkin ya, mungkin juga tidak. gue sejujurnya ngga begitu paham kenapa israel melakukan penyerangan. alasan politikkah? entah. perebutan wilayah kekuasaan? bisa jadi. tapi apapun alasannya, ini bukan hal yang baik. sama sekali nggak. lalu apa yang harus kita lakukan? demonstrasi? mengumpulkan segala bentuk bantuan? menjadi sukarelawan? atau apa?
perang antara israel dan palestina memang menyita banyak perhatian dunia, termasuk indonesia. gue cukup salut untuk beberapa orang dari indonesia yang mau jadi relawan untuk membantu korban perang. tapi tahukah kalau saudara kita sendiri juga membutuhkan pertolongan?
Gempa berkekuatan 7,6 pada skala Richter terjadi di 76 kilometer sebelah barat daya Kota Manokwari Papua Barat. Peristiwa terjadi pada pukul 05.33 WIB Minggu (4/1). Sedikitnya empat tewas dan puluhan luka dalam insiden tersebut. [sumber: kompas.com] dan adakah yang peduli?
selama beberapa hari ini gue eksis di dunia perinternetan, lebih banyak situs-situs lokal yang meminta orang-orang memberikan donasi bagi korban perang israel dan palestina. well, itu ngga salah juga sih. tapi, kesannya kita juga nggak terlalu memperhatikan saudara-saudara kita yang ada di papua. dan cukup kecewa juga di kampus gue penggalangan dana hanya di khususkan bagi korban perang. lalu bagaimana dengan korban gempa?


mereka butuh perhatian dan pertolongan.


tapi..
mereka juga sangat perlu perhatian dan pertolongan
jadi, sebelum kita pergi jauh ke timur tengah sana. tengoklah dulu saudara-saudara kita di papua.





No comments: