speak out!!

setiap kejadian dalam blog ini adalah nyata. bila terdapat kesamaan tokoh, kejadian atau tempat... hm, sorry.
saya tidak memaksa anda untuk membaca blog ini. tapi jika itu pilihannya, nikmati!!

Thursday, December 1, 2011

girls decide


setelah menulis ini, saya ingin kembali bercerita tentang hal yang berhubungan dengan bumi 7 milyar. menurut saya, sebagai perempuan, keputusan saya juga berkaitan dengan bertambahnya manusia di bumi. kenapa? mari kita lihat tulisan dibawah ini. sebenarnya tulisan ini saya buat untuk materi siaran radio Paramuda 93,7 FM untuk acara Sexopolitan pada tanggal 17 November 2011. tapi buat yang nggak ngedengerin, check this below!
 ---


“hari ini dan hari selanjutnya adalah kesempatan. Kesempatan untuk memimpin dan kesempatan untuk membuat suatu pengaruh kuat dalam hidup remaja dan wanita muda.”

Pembangunan itu bertumpu pada remaja dan wanita muda. Artinya ketika perempuan mampu memiliki keputusan berarti terhadap hidup mereka, mereka akan memiliki kualitas hidup yang baik. Dengan kualitas hidup yang baik inilah, perempuan mampu memenuhi kehidupan yang lebih baik dalam keluarga dan masyarakat. 

Saat ini, di seluruh dunia, ada jutaan perempuan yang berjuang untuk memenuhi hidup, bahagia dan penuh harap. Tetapi ketika mereka berada dalam tahap remaja (bukan anak-anak ataupun wanita dewasa), dengan sedikit uang dan sedikit otonomi, dengan keingintahuan yang besar tetapi hanya menduga secara samar-samar mengenai bagaimana cara menghadapi masalah ketertarikan seksual. Menurut IPPF (the International Planned Parenthood Federation) , remaja dan wanita muda akan lebih berdaya ketika mereka merasa yakin dengan identitas seksual, ketertarikan seksual, emosional dan perilaku seksual mereka serta aspirasi mereka dihormati dan diakui.

Tahun ini, ada lebih dari 1,8 milyar pemuda di dunia. Hampir setengahnya adalah remaja dan wanita muda, dan mayoritas mereka tinggal di negara berkembang. Menyadari kesehatan reproduksi, seksual serta hak-hak remaja dan wanita muda merupakan landasan dari perkembangan sosial dan ekonomi.

Young Women Facts Around The World:
-          Wanita yang berasal dari keluarga miskin 3 kali memiliki kemungkinan lebih untuk melahirkan anak ketika remaja dibandingkan wanita yang berasal dari keluarga kaya (berkecukupan).
-        2,5 juta aborsi yang tidak aman dilakukan oleh wanita muda (15-19 tahun) di negara berkembang tiap tahunnya.
-          Di Sub-Sahara, Afrika, wanita muda usia 15-24 tahun cenderung 8x lebih besar untuk mengidap HIV daripada laki-laki di usia yang sama.
-          Diperkirakan ada 150 juta remaja perempuan dibawah usia 18 tahun telah mengalami kekerasan seksual dan pemerkosaan. Jumlah ini kira-kira sama dengan seluruh populasi perempuan di Amerika.
-          Pernikahan anak masih lazim dilakukan di beberapa wilayah di dunia. Di Indonesia sendiri, presentase perempuan (20-24 tahun) yang menikah sebelum 18 tahun ada sekitar 25,1-50%.

Setelah melihat data-data diatas, tentunya (sebagai perempuan), sekarang harus belajar untuk membuat keputusan untuk hidup kita sendiri. Keputusan-keputusan ini diharapkan mampu memberikan kualitas hidup yang lebih baik pada perempuan itu sendiri dan juga pada keluarga serta masyarakat. Pilihan dalam aktivitas seksual dan kehamilan adalah penuh untuk diputuskan oleh perempuan itu sendiri. Hampir di seluruh dunia, remaja dan wanita muda sering menyangkal hak seksual dan reproduksi mereka. Dan juga kesempatan untuk mendapatkan informasi mengenai seksualitas mereka. 
---
tulisan ini bukan bermaksud untuk 'menyentil' masalah kesetaraan gender atau apapun. saya hanya ingin para remaja dan perempuan muda mau bersikap bijak terhadap masalah seksualitas mereka yang nantinya juga akan berpengaruh kepada kehidupan lain disekitarnya. semoga tulisan saya dapat memberi pengetahuan baru ya untuk kalian semua :)

have a nice day,

~liris


No comments: