speak out!!

setiap kejadian dalam blog ini adalah nyata. bila terdapat kesamaan tokoh, kejadian atau tempat... hm, sorry.
saya tidak memaksa anda untuk membaca blog ini. tapi jika itu pilihannya, nikmati!!

Friday, November 11, 2011

bumi tujuh milyar


hai semuanya, selamat datang di bumi yang semakin sesak ini. :) menurut data UNFPA (badan dunia yang menangani kependudukan dunia) manusia-manusia di bumi ini sudah ada 7 milyar. mari kita bertepuk tangan untuk merayakannya. prok prok prok. *loh kenapa tepuk tangan?* *ga apa-apa biar seru*

menurut data yang saya baca disini, ternyata ada lebih dari 200.000 manusia baru di bumi ini. dan lebih dari  setengah dari jumlah manusia di bumi ini adalah manusia yang berusia di bawah 25 tahun. kenapa ya bisa gitu? menurut saya, ini terjadi karena maraknya trend menikah muda (baca: menikah di bawah usia yang dianjurkan). belum lagi banyak juga kasus hamil di usia yang masih sangat muda. oya, ada lagi. menikahnya sih nggak muda-muda amat, juga bukan karena kasus hamil di usia yang masih sangat muda, tapi karena gak berenti-berenti punya anak. hehehe.

sebenarnya buat saya, ini bukan hanya sekedar angka aja. tapi, kita juga harus lihat dari angka 7 milyar itu, bagaimana kualitas hidup manusia-manusia di bumi ini. jadi, bagaimana cara mereka hidup dan bagaimana angka-angka tersebut tersebar di dunia ini. menurut saya sendiri, dengan bertambahnya angka pertumbuhan manusia di bumi, seharusnya diimbangi juga dengan pertumbuhan kualitas hidup manusia itu sendiri. hal ini tidak terlepas dari informasi yang harus masyarakat tahu. misalnya dengan tahu dan paham tentang program keluarga berencana. kita sudah tidak bisa lagi memakai kata mutiara jaman dulu, banyak anak banyak rejeki. banyak anak itu berarti semakin banyak mulut yang harus diberi nasi. nah, untuk ngasih nasinya ini yang semakin susah. maka banyak kasus, semakin banyak anak semakin susah juga hidupnya. itulah kenapa KB itu baik untuk kita semua.

selain itu, pengetahuan tentang seks pada remaja. sampai tahun 2011 ini, masih banyak remaja yang salah kaprah tentang seks. karena masalah ini masih tabu untuk dibicarakan apalagi dipelajari. semakin mereka gak tahu, semakin rentan mereka terhadap masalah seks ini. jadi, jangan heran kalau angka menikah di usia muda itu semakin bertambah. memang sih kasusnya gak melelu karena hamil duluan, tapi bisa juga karena memang budaya pada suatu tempat. untuk masalah ini mungkin kita bisa ngomongin di lain waktu. karena bisa panjang nih. hehehe.

intinya sebagai bagian dari manusia tujuh milyar, kita juga harus ada usaha untuk meningkatkan kualitas hidup dan ya..kalo bisa sih nggak bikin nambah (makin) banyak manusia dibumi. denger-denger untuk tahun 2050 saja bisa mencapai lebih dari 10 milyar. wew. semakin penuh, semakin sesak napas. hahaha.

so, tunggu cerita saya selanjutnya tentang bumi tujuh milyar ini ya.. :)

ciao,

~liris kinasih

No comments: