speak out!!

setiap kejadian dalam blog ini adalah nyata. bila terdapat kesamaan tokoh, kejadian atau tempat... hm, sorry.
saya tidak memaksa anda untuk membaca blog ini. tapi jika itu pilihannya, nikmati!!

Saturday, December 31, 2011

thank you for everthing, 2011

halo hola..hari ini hari terakhir di taun 2011 *hiks* *srooot*. apapun yang akan saya lakukan malam ini, izinkan saya menulis sedikit tentang 2011 saat ini (terlalu formal).

like, another years, 2011 berjalan begitu saja dan terlalu cepat buat saya. setiap tanggal 31 desember saya selalu merenung dan bertanya-tanya pada diri sendiri, "besok adalah tahun yang baru. hari yang baru. apa yang sudah saya lakukan kemaren-kemaren? rasanya tidak terlalu berbekas." selalu begitu. saking banyaknya hal yang saya alami, saya jadi bingung sendiri kenapa waktu kok cepet banget sih jalannya.

tapi, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini saya nggak mau ribet mikirin "apa yang udah saya lakukan kemaren-kemaren". saya justru mau berterima kasih kepada semua orang yang tahun ini sangat membantu saya untuk menjadi lebih dewasa. entah itu tangis, amarah atau bahkan tawa. terima kasih banyak. saya merasa tahun 2011 adalah tahun yang berat untuk saya. dimana saya belajar (lagi) bagaimana harus menghadapi berbagai masalah. mudah-mudahan saya menjadi pribadi yang lebih baik lagi ya.. amiin. :)

terima kasih untuk orang-orang terbaik dalam hidup saya: orangtua, kakak, adik, keponakan (tahun ini kami punya anggota keluarga baru :) ). sahabat dan juga teman-teman yang lain. terima kasih untuk semuuaaaaaaa suport, semangat, doa dan harapan yang diberikan kepada saya. terima kasih juga untuk sakit hati, amarah, cemburu, dan ketidakjujuran. semua itu memang membuat saya menangis dan juga frustrasi. tapi mudah-mudahan itu semua buat saya jadi lebih kuat lagi. terima kasih juga untuk banyak kesempatan yang diberikan kepada saya untuk mengembangkan diri saya di dunia masyarakat. terima kasih semuanyaaaaa *berpelukan*

anyway, selamat tahun baru ya teman-teman. mari kita sambut 2012 dengan semangat. SEMANGAT!!! oya, resolusi saya di tahun 2012: tetap bertahan hidup. itu saja. :)

happy new year *tiupterompet*

~liris kinasih

Monday, December 26, 2011

ratapan anak galau :|

galau
ga.lau
[a] ber.ga.lau a sibuk beramai-ramai; ramai sekali; kacau tidak keruan (pikiran)

dulu ketika saya kecil, saya melihat dunia dengan sederhana. hanya ada hitam dan putih. baik dan jahat. tawa dan tangis. tapii..semakin saya bertambah usia, saya tahu, menyadari dan bahkan mengalaminya sendiri bahwa dunia itu tidak pernah menjadi sesederhana dulu. banyak intrik, topeng, intinya...dunia ini sedikit sadis. ha.


kalau dulu, saya diberitahu kalau kita adalah makhluk sosial, sekarang saya tahu bahwa kita tidak hanya sekedar makhluk sosial yang selalu ada di buku IPS ketika SD. dulu, bahkan kita tidak tahu apa itu sosial. bagaimana itu sosial. kita tidak diberitahu. kita mencari sendiri. kalau kita jadi makhluk sosial, kita harus terima resiko seburuk-buruknya. dibohongi, dikecewakan, ditertawakan sampai dipuja puji. salahnya, kita tidak diberitahu itu dulu sewaktu kita kecil. kita banyak menerima dongeng-dongeng, cerita-cerita tapi mereka lupa tentang kenyataan.

saya tertampar dan terbangun dalam dunia mimpi-mimpi. membumi kembali. lalu saya menyadari diri saya penuh luka. berdarah. sekarat. hampit mati. saya tidak ada persiapan untuk semua serangan ini. topeng-topeng yang selama ini saya lihat, terbuka dan mengeluarkan topeng baru. inikah yang sebenarnya? atau masih ada topeng yang disembunyikan?

ada saatnya saya bingung dan mencari. tapi kadang saya pun memakai topeng ketika hadir di bumi. saya pakai topeng "baik-baik saja". tawa dan senda gurau yang sebenarnya palsu. bahwa sebenarnya saya hampir mati sesak napas.

ada saatnya muak dengan diri saya sendiri. permainan apa yang sebenarnya saya mainkan? saya mencari sesuatu yang bahkan saya sendiri nggak tahu. saya hanya muak. pengen muntah. topeng-topeng itu menjijikan. mengerikan.

dan saya bertanya pada anda, apa yang harus saya lakukan sekarang? pakai topeng dan tahan rasa muak? atau mati sekalian? *)

~Liris Kinasih

*) saya berharap kalian tinggalkan sedikit komentar untuk saya. mari kita berbagi sudut pandang. terima kasih. banyak.

Friday, December 23, 2011

dear kenangan:


telah kutitipkan pesan pada setiap jejak yang terhapus, semoga kau abadi bersama masa lalu :')

Thursday, December 22, 2011

happy mother's day

tidak perlu banyak kata untuk mengungkapkan rasaku
tidak perlu banyak kata untuk tahu isi hatiku
tidak perlu banyak kata agar kamu mengerti:
"selamat hari ibu, terima kasih sudah menjadi ibu terbaik di dunia.
terima kasih untuk doa yang tidak berhenti untukku.
maaf aku belum bisa menjadi anak terbaik di dunia.
liris sayang mama :* "

buat papa, jangan berkecil hati karena hari ini hari ibu.
liris juga sayang papa. terima kasih sudah menjadi papa terbaik di dunia.
:*


happy mother's day,

~liris kinasih

Sunday, December 11, 2011

"what do I like?"


beberapa waktu lalu, saya diminta untuk menuliskan apa yang saya suka di dalam blog. sepertin anak kecil yang dibawa ke toko mainan dan ditanya ia ingin mainan yang mana, saya secara random menyebutkan dalam hati hal-hal yang saya suka: pohon, eksrim, spongebob, k-pop, novel, kota london, nirvana, pelangi, warna hitam dan banyaaakkk lagi. tapi saya (sepertinya) hanya boleh menceritakan satu hal yang sangat saya suka. apa ya? apa ya? (sepuluh menit kemudian) apa yaaaaaa??? *stres*

---
novel. baru sekarang setelah saya berusia 22 tahun merasa beruntung sekali karena waktu kecil orangtua saya jarang mengajak saya ke toko mainan melainkan ke toko buku. sejak kecil, rumah saya memang sudah banyak buku cerita atau bacaan anak-anak. hal ini diawali karena keterbatasan kakak saya dalam membaca ketika sd. tapi sejak mama saya sering beli buku untuk kakak saya, sampai sekarang kakak saya jadi kutu buku banget. hehehe. dulu, kalau ke toko buku, kakak saya akan langsung menuju rak-rak novel. buku cerita yang nggak ada gambarnya. kalau saya, langsung ke rak-rak buku cerita bergambar. rak buku kami, tidak hanya terisi buku saya dan kakak saya saja tapi juga buku mama saya (bahkan ada yang sejak mama saya remaja, serial little house) dan papa saya (kebanyakan buku self empowerment gitu).

begitu SD (saya lupa tepatnya kelas berapa), saya penasaran sama novel yang sering kakak saya baca. maka saya beranikan diri (ciee!) untuk membaca salah satu novel kakak saya. novel pertama yang (akhirnya) saya baca adalah serial malory towers. hem...pasti banyak dari kalian yang nggak tau novel itu, bahkan yang seumuran saya. tapi itu novel yang bagus karya Enid Blyton. Malory towers sendiri bercerita tentang kehidupan asrama putri di Inggris. setelah itu, saya jadi ketagihan buku Enid Blyton. mulai dari serial St.Clare, serial lima sekawan, serial si badung dan novel-novel yang lainnya. selain itu, saya juga suka baca novel serial The Baby-Sitters Club karya Ann M. Martin. novel ini sendiri ceritanya tentang kehidupan remaja di Connecticut, AS, yang bekerja part timer menjadi baby sitter. tapi, serius, ini ceritanya seru! hehehe. mulai SMP, saya mulai membaca novel yang lebih 'berat' seperti Supernova nya Dewi Lestari. sejak itu, hampir semua buku di rak buku kami, sudah saya baca. 

saya nggak merasa jadi kutu buku walaupun saya suka baca. karena saya hanya suka baca novel aja. jangan harap saya suka baca buku kuliah (eh..). :D dan seperti yang tadi sudah saya bilang, saya merasa beruntung mama saya suka mengajak saya ke toko buku. saya merasa tingkat imajinasi saya lebih baik daripada temen-temen saya yang nggak begitu suka baca buku. saya merasa jadi lebih banyak tahu tentang dunia luar dan (ini yang paling penting) saya berani untuk punya cita-cita tinggi. ya, saya berani untuk itu. cita-cita saya? belajar dan bekerja di luar negeri saking seringnya saya baca novel terjemahan. hehehe. oya, selain itu, saya juga jadi suka nulis karena suka baca novel.

menurut saya, baca buku itu asik kok dibandingkan main internet atau nonton tivi. ilmunya lebih 'dapet' dan pastinya lebih berguna juga. hehe. hm, saya bingung mau nulis apa lagi. tapi, intinya, saya mau temen-temen untuk mulai suka baca. nggak usah yang berat dan tebal. mulai dari yang ringan dan tipis saja dulu. buat yang emang pada dasarnya nggak suka baca, tenang aja, semua butuh proses kok untuk untuk suka baca. yang penting usahanya. hehehe. :D

okey, have a nice day,

~liris kinasih

Thursday, December 1, 2011

Hari AIDS Sedunia

1 Desember = Hari AIDS Sedunia.
jauhi virusnya bukan penderitanya

dengarkan siarannya di Paramuda 93,7 FM Bandung hari ini jam 20.00 wib bersama Mitra Citra Remaja. :)

girls decide


setelah menulis ini, saya ingin kembali bercerita tentang hal yang berhubungan dengan bumi 7 milyar. menurut saya, sebagai perempuan, keputusan saya juga berkaitan dengan bertambahnya manusia di bumi. kenapa? mari kita lihat tulisan dibawah ini. sebenarnya tulisan ini saya buat untuk materi siaran radio Paramuda 93,7 FM untuk acara Sexopolitan pada tanggal 17 November 2011. tapi buat yang nggak ngedengerin, check this below!
 ---


“hari ini dan hari selanjutnya adalah kesempatan. Kesempatan untuk memimpin dan kesempatan untuk membuat suatu pengaruh kuat dalam hidup remaja dan wanita muda.”

Pembangunan itu bertumpu pada remaja dan wanita muda. Artinya ketika perempuan mampu memiliki keputusan berarti terhadap hidup mereka, mereka akan memiliki kualitas hidup yang baik. Dengan kualitas hidup yang baik inilah, perempuan mampu memenuhi kehidupan yang lebih baik dalam keluarga dan masyarakat. 

Saat ini, di seluruh dunia, ada jutaan perempuan yang berjuang untuk memenuhi hidup, bahagia dan penuh harap. Tetapi ketika mereka berada dalam tahap remaja (bukan anak-anak ataupun wanita dewasa), dengan sedikit uang dan sedikit otonomi, dengan keingintahuan yang besar tetapi hanya menduga secara samar-samar mengenai bagaimana cara menghadapi masalah ketertarikan seksual. Menurut IPPF (the International Planned Parenthood Federation) , remaja dan wanita muda akan lebih berdaya ketika mereka merasa yakin dengan identitas seksual, ketertarikan seksual, emosional dan perilaku seksual mereka serta aspirasi mereka dihormati dan diakui.

Tahun ini, ada lebih dari 1,8 milyar pemuda di dunia. Hampir setengahnya adalah remaja dan wanita muda, dan mayoritas mereka tinggal di negara berkembang. Menyadari kesehatan reproduksi, seksual serta hak-hak remaja dan wanita muda merupakan landasan dari perkembangan sosial dan ekonomi.

Young Women Facts Around The World:
-          Wanita yang berasal dari keluarga miskin 3 kali memiliki kemungkinan lebih untuk melahirkan anak ketika remaja dibandingkan wanita yang berasal dari keluarga kaya (berkecukupan).
-        2,5 juta aborsi yang tidak aman dilakukan oleh wanita muda (15-19 tahun) di negara berkembang tiap tahunnya.
-          Di Sub-Sahara, Afrika, wanita muda usia 15-24 tahun cenderung 8x lebih besar untuk mengidap HIV daripada laki-laki di usia yang sama.
-          Diperkirakan ada 150 juta remaja perempuan dibawah usia 18 tahun telah mengalami kekerasan seksual dan pemerkosaan. Jumlah ini kira-kira sama dengan seluruh populasi perempuan di Amerika.
-          Pernikahan anak masih lazim dilakukan di beberapa wilayah di dunia. Di Indonesia sendiri, presentase perempuan (20-24 tahun) yang menikah sebelum 18 tahun ada sekitar 25,1-50%.

Setelah melihat data-data diatas, tentunya (sebagai perempuan), sekarang harus belajar untuk membuat keputusan untuk hidup kita sendiri. Keputusan-keputusan ini diharapkan mampu memberikan kualitas hidup yang lebih baik pada perempuan itu sendiri dan juga pada keluarga serta masyarakat. Pilihan dalam aktivitas seksual dan kehamilan adalah penuh untuk diputuskan oleh perempuan itu sendiri. Hampir di seluruh dunia, remaja dan wanita muda sering menyangkal hak seksual dan reproduksi mereka. Dan juga kesempatan untuk mendapatkan informasi mengenai seksualitas mereka. 
---
tulisan ini bukan bermaksud untuk 'menyentil' masalah kesetaraan gender atau apapun. saya hanya ingin para remaja dan perempuan muda mau bersikap bijak terhadap masalah seksualitas mereka yang nantinya juga akan berpengaruh kepada kehidupan lain disekitarnya. semoga tulisan saya dapat memberi pengetahuan baru ya untuk kalian semua :)

have a nice day,

~liris


Monday, November 28, 2011

ketika gundah datang,
bimbang membuncah
senangnya kamu dapat hadir walau sebentar.

trio psikopad

hari minggu pagi, saya dapat sms seperti ini, dari teman saya Ibnu:

"liris, trio psycho ke nikahan angga ngga?"

trio psycho disini mungkin maksudnya adalah saya, cisna dan deiz. tapi agak ngeri juga ya bacanya. trio psycho. kesannya kami bertiga adalah psikopat. padahal kan kita bertiga unyu-unyu. ehehe. sebenarnya kami nggak cuma bertiga. tapi berempat ditambah nadia. berhubung nadia sudah terlebih dahulu KKN tahun lalu, maka awal tahun ini kami bertiga yang KKN. jadi terkenalnya trio psikopad (psikologi unpad) deh..hehehe. saya tekankan kembali, kami bertiga berempat sama sekali bukan psikopat. kami adalah gadis yang unyu-unyu. ingin membantah? tidak boleh. haha.


dari ki-ka: deiz, liris, cisna, nadia :)

peace, love n gaul,


~liris kinasih

Sunday, November 20, 2011

Karena kau tak lihat 
Terkadang malaikat
Tak bersayap 
Tak cemerlang 
Tak rupawan

Sunday, November 13, 2011

yang tidak kamu tahu, bung!

aku memang bukan termasuk ke dalam
daftar orang-orang terbaikmu
aku memang bukan orang yang kau cari
untuk melepas semua gundahmu
aku memang bukan orang pertama
yang kau bagi bahagiamu.
tapi yang tidak kamu tahu,
kamu adalah orang yang
kata-katanya selalu kudengar
tulisan-tulisannya selalu kubaca
yang tidak kamu tahu,
kamu adalah tokoh dalam setiap dongengku
yang tidak kamu tahu adalah,
aku selalu menunggu kesempatan
untuk bertemu denganmu
berhari-hari, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun
hanya sekedar untuk melihatmu tertawa
yang tidak kamu tahu adalah,
banyak hal yang kusukai terkait denganmu
london, nirvana, novel, semuanya tentang kamu
yang tidak kamu tahu adalah,
aku lakukan semua ini agar
kamu bisa melihatku
sekedar tahu, bahwa aku ada.
Adakah kamu tahu semua ini?

Bandung, 12 November 2011
gerai McD Dago, makan siang, sendiri & tiba-tiba melihat orang mirip kamu

~liris kinasih

Friday, November 11, 2011

bumi tujuh milyar


hai semuanya, selamat datang di bumi yang semakin sesak ini. :) menurut data UNFPA (badan dunia yang menangani kependudukan dunia) manusia-manusia di bumi ini sudah ada 7 milyar. mari kita bertepuk tangan untuk merayakannya. prok prok prok. *loh kenapa tepuk tangan?* *ga apa-apa biar seru*

menurut data yang saya baca disini, ternyata ada lebih dari 200.000 manusia baru di bumi ini. dan lebih dari  setengah dari jumlah manusia di bumi ini adalah manusia yang berusia di bawah 25 tahun. kenapa ya bisa gitu? menurut saya, ini terjadi karena maraknya trend menikah muda (baca: menikah di bawah usia yang dianjurkan). belum lagi banyak juga kasus hamil di usia yang masih sangat muda. oya, ada lagi. menikahnya sih nggak muda-muda amat, juga bukan karena kasus hamil di usia yang masih sangat muda, tapi karena gak berenti-berenti punya anak. hehehe.

sebenarnya buat saya, ini bukan hanya sekedar angka aja. tapi, kita juga harus lihat dari angka 7 milyar itu, bagaimana kualitas hidup manusia-manusia di bumi ini. jadi, bagaimana cara mereka hidup dan bagaimana angka-angka tersebut tersebar di dunia ini. menurut saya sendiri, dengan bertambahnya angka pertumbuhan manusia di bumi, seharusnya diimbangi juga dengan pertumbuhan kualitas hidup manusia itu sendiri. hal ini tidak terlepas dari informasi yang harus masyarakat tahu. misalnya dengan tahu dan paham tentang program keluarga berencana. kita sudah tidak bisa lagi memakai kata mutiara jaman dulu, banyak anak banyak rejeki. banyak anak itu berarti semakin banyak mulut yang harus diberi nasi. nah, untuk ngasih nasinya ini yang semakin susah. maka banyak kasus, semakin banyak anak semakin susah juga hidupnya. itulah kenapa KB itu baik untuk kita semua.

selain itu, pengetahuan tentang seks pada remaja. sampai tahun 2011 ini, masih banyak remaja yang salah kaprah tentang seks. karena masalah ini masih tabu untuk dibicarakan apalagi dipelajari. semakin mereka gak tahu, semakin rentan mereka terhadap masalah seks ini. jadi, jangan heran kalau angka menikah di usia muda itu semakin bertambah. memang sih kasusnya gak melelu karena hamil duluan, tapi bisa juga karena memang budaya pada suatu tempat. untuk masalah ini mungkin kita bisa ngomongin di lain waktu. karena bisa panjang nih. hehehe.

intinya sebagai bagian dari manusia tujuh milyar, kita juga harus ada usaha untuk meningkatkan kualitas hidup dan ya..kalo bisa sih nggak bikin nambah (makin) banyak manusia dibumi. denger-denger untuk tahun 2050 saja bisa mencapai lebih dari 10 milyar. wew. semakin penuh, semakin sesak napas. hahaha.

so, tunggu cerita saya selanjutnya tentang bumi tujuh milyar ini ya.. :)

ciao,

~liris kinasih

Thursday, November 10, 2011

laki-laki (pen)cemas

hari ini ia menuliskan kegundahannya
lewat kata-kata lembut namun tegas
beratus-ratus hari ia menulis hal yang sama
tentang apa yang ia resahkan.
negaranya, agamanya, hidupnya dan juga dirinya.
bagiku, dirimu hanya laki-laki pencemas.
apa lagi yang kau cemaskan tentang negaramu?
negara ini memang sudah terlalu letih berdiri, kau tahu itu?
apa lagi yang kau cemaskan tentang agamamu?
biarkan Ia abadi hanya dihatimu
apa lagi yang kau cemaskan tentang hidupmu?
aku, dia dan mereka ada untukmu. untuk buatmu lebih baik
apa lagi yang kau cemaskan tentang dirimu?
dirimu utuh apa adanya. segala luka, tangis, tawa, cobaan, goresan membuatmu utuh.
apa lagi yang harus kau cemaskan?
mari, kita minum kopi dan bicara bersama.

bandung, 10 november 2011.
@ biro psikologi swaparinama. hujan dan dingin.
untuk kamu yang kuanggap sahabat. :)

Friday, November 4, 2011

another question

akhir-akhir ini banyak pertanyaan yang muncul di otak saya. tentang makna hidup, makna tuhan, dan lainnya. salah satu pertanyaan itu adalah:

"kalau dibalik laki-laki hebat selalu ada perempuan hebat. lalu siapa dibalik perempuan hebat itu?"

berpikir, berpikir dan berpikir. akhirnya saya coba untuk men-share ke temen-temen saya. beberapa menjawab ibu, orangtua, sahabat atau juga Tuhan. ada mereka dibalik perempuan. iya juga sih. tapi entah kenapa saya masih kurang puas dengan jawaban itu. lalu munculnya sms dari temen saya Darot, yang kebetulan juga saya kirimi sms. dia menjawab:

"di balik wanita yang hebat ada lelaki yang selalu mendukungnya dan mengetahui potensi dari wanita itu. simbiosis mutualisme."

okeeeyy..rasanya itu cukup membantu saya menjawab pertanyaan diatas. so tengkyu for everyone...hm wait, ternyata belum selesai sampai disini. setelah beberapa hari, Darot mengirimkan sms kembali.

"lelaki adalah pedang yang kokoh dan perempuan adalah ketajamannya. satu dan yang lain saling menguatkan dan memperkokoh jati diri -Candra Malik-."

tsah! bener-bener menjawab pertanyaan saya. karena akhirnya saya menyimpulkan apa yang dikatakan Darot adalah benar. simbiosis mutualisme. mungkin ada orangtua, teman, sahabat atau bahkan Tuhan. tapi pada intinya, ini hanya antara laki-laki dan perempuan. kamu dan/atau saya. kita hanya perlu memperlakukan masing-masing orang dengan hebat untuk menjadi hebat. betul? :D
Darot menambahkan,

"laki-laki adalah raga, perempuan jiwanya. kokoh jasmani lembut rohani adalah pedang yang menunjukkan siapa pemiliknya -Candra Malik-."

have a nice day,


~Liris Kinasih

Monday, October 24, 2011

Saya mau jadi Pohon



EunSuh: Oppa*, what do you want to be reborn as?
JoonSuh: What about you?
EunSuh: I want to be a tree
JoonSuh: A tree?
EunSuh: Yeah, a tree. Once I put my roots down, I'll never move. So, I'll never be separated from everyone
(K-drama Endless Love eps 3)


saya..juga mau jadi pohon. kenapa? karena saya suka pohon. suka sekali. kenapa suka pohon? hem...sama seperti saya suka es krim, saya juga suka pohon karena alasan: (1) Nyaman. buat saya pohon itu punya kesan melindungi. jadi saya merasa nyaman dengan pohon. mau itu saya lihat secara langsung atau hanya sekedar gambar-gambar. sama seperti pohon, saya ingin orang lain merasa nyaman dengan diri saya. walaupun sampai sekarang saya masih merasa, orang lain susah untuk nyaman dengan saya. hehehe.

alasan yang kedua adalah: Kuat. jangan bayangkan pohon cabe yang kecil, tapi coba bayangkan pohon-pohon besar seperti damar, jati atau yang lainnya. saya selalu menangkap kesan bahwa pohon itu juga kuat. saya ingin kuat. nggak usah yang berlebihan ingin kuat seperti superman, tapi setidaknya saya kuat untuk diri saya sendiri. dan mungkin alasan yang sama seperti EunSuh, Once I put my roots down, I'll never move. So, I'll never be separated from everyone.

happy monday everyone,


~liris kinasih

*) oppa: panggilan untuk kakak laki-laki dari perempuan yang lebih muda (Korea)

foto taken from here

Saturday, October 1, 2011

antara saya dan anak-anak :)

okeeeyy..rasanya blog ini udah banyak debunya saking jarang diurus. hehe. tapi jujur, saya kangen banget bisa 'nulis' disini. hampir tiga bulan ini saya seringnya 'nulis' laporan, tugas sampe yang paling bombastis adalah SKRIPSI. haha. ketawa miris. :| bulan oktober ini adalah deadline saya untuk maju presentasi judul skripsi saya. iya, jangan heran. judul aja mesti di presentasiin. jadi ya begitulah saya tiga bulan ini, sibuk sama kegiatan "manusia". haha. yah..mudah-mudahan semuanya cepet selesai dan saya bisa 'nulis' lagi disini. hehe.

dari sekian banyak kegiatan "manusia" yang saya lakuin, ada satu kegiatan yang bener-bener nggak saya sangka, saya bisa lakuin. kegiatan ini berhubungan dengan anak. seperti yang saya tulis di postingan ini, saya diterima sebagai salah satu tester klinik anak. dan perjuangan saya menghadapi anak-anak pun dimulai. klien pertama yang saya tes adalah anak perempuan berusia 6 tahun. pada awal tes semuanya lancar-lancar aja. dia masih bisa ketawa-ketawa. tapi setengah jam kemudian tiba-tiba dia nangis. yap, nangis kenceng banget. shock. cuma itu kata yang bisa menggambarkan bagaimana perasaan saya. haha. maka gagallah tes hari itu. :( tapi selanjutnya saya mulai membiasakan diri berhadapan dengan anak-anak. mencoba menghayati diri mereka. bagaimana rasanya dites, bertemu orang baru dan sebagainya. yah, mungkin belum ekspert tapiii... setidaknya udah ada 3 klien yang sampai saat ini berhasil saya tes. :D semuanya seru, lucu dan berkesan. :))

satu lagi kegiatan saya yang berhubungan dengan anak adalah sejak awal tahun ini saya banyak menghadiri pertemuan-pertemuan yang banyak membicarakan masalah perlindungan anak. wetsss..berat banget ya kesannya. nggak berat sih tapi memusingkan. haha. awalnya saya sama sekali buta sama masalah ini dan nggak mau terlibat juga di dalamnya. tapi akibat ketidaksengajaan akhirnya saya 'nyebur' juga deh. sampai hari ini saya masih banyak belajar dan masih banyak tanya ini itu, tanya sana situ. yang pasti, sekarang saya jadi makin bersyukur bahwa saya bisa tumbuh dan berkembang sebagaimana selayaknya anak-anak bertumbuh. ternyata banyak banget anak-anak yang punya masalah berat. dari masalah hukum, kekerasan, prostitusi, perdagangan manusia, dan lain-lain. baru denger ceritanya aja saya udah puyeng. hehe. sampai saat ini, saya belum benar-benar terjun ke lapangan. tapi saya berharap saya punya kesempatan itu. :)



see, sebenarnya banyak hal yang udah saya lakuin yang mau saya bagi disini. tapi apa daya, selain banyak waktu yang terbuang untuk kuliah dan bekerja, kemampuan otak ini bekerja pun terbatas. hehe. :))

-----

tulisan diatas adalah metode menulis yang baru saya pakai. atas saran dari dosen saya yang paling oke sedunia, bang iqbal, saya menulis ini terus menerus selama 15 menit. emang sih yang disarankan 20 menit. tapiii...hari ini otak saya lagi macet. ahaha. jadi inilah hasil tulisan saya selama 15 menit, konsisten tanpa merubah sedikitpun kalimat. hm, harap maklum kalau bahasanya kacau. haha.

have a good day,


~liris kinasih

*gambar diambil dari sini, sini dan sini :)

Sunday, September 25, 2011

happy birthday BANDUNG

happy Birthday Bandung. Semoga semakin ber'kembang' ya. Smoch!



ini fotonya diambil waktu Braga Festival tgl 24 Sept'11
ki-ka: ani, ME, cisna, ibnu
:D

Sunday, September 11, 2011

what a LIFE

kadang saya lupa bagaimana rasanya bersantai.
kadang saya lupa bagaimana rasanya punya banyak kegiatan.
hidup saya bergerak dari satu titik ke titik lainnya.
begitu terus.
setiap hari.
kadang saya bertanya untuk apa?
untuk hidup?
untuk kamu?
atau untuk saya sendiri?
kadang saya ingin berhenti.
ingin duduk manis.
tapi, ini bukan hidup.
karena hidup itu harus bergerak.
bergerak (bebas).

have a nice weekend,

~liris kinasih

Friday, September 2, 2011

angka kembar


hari ini saya dapat angka kembar. senang? biasa saja. semakin lama semakin saya merasa "biasa saja" menghadapi hari ini. tapi hal ini tidak menyurutkan diri saya untuk bersyukur dan berterima kasih atas kehidupan yang saat ini saya jalani. kembali memanjatkan doa, "semoga saya bisa menikmati hidup dengan penuh sukacita".

terima kasih untuk orang-orang terbaik dalam hidup saya yang tidak pernah berhenti mengajari arti hidup yang sebenarnya. masih banyak yang ingin saya cari jawabannya. semoga masih ada waktu.

saengil chukka hamnida :D


with love,

~liris

Monday, August 15, 2011

skeptis

untuk pertama kalinya saya dibilang dibilang skeptis sama orang yang baru dikenal. haha. dia yang belum bener-bener kenal saya atau justru dia adalah orang yang paling jujur? haha. so, i find "skeptis" on kbbi online.

skeptis skep.tis
[a] kurang percaya; ragu-ragu (thd keberhasilan ajaran dsb): penderitaan dan pengalaman menjadikan orang bersifat sinis

see, mungkin dia bener. saya ini cenderung skeptis. dan beberapa waktu lalu saya mengkonfirmasi apa alasan dia bilang begitu. dan tahu jawabannya? "he? emang saya pernah bilang gitu? kayaknya cuma asal aja deh." DANK!! saya sampe bela-belain cari arti kata skeptis di kamus dan dia bilang itu omongan asal doang. huks. ya udah nggak apa-apa deh. seenggaknya saya jadi tahu apa arti skeptis yang sebenernya. :D

have a nice day,

Liris Kinasih

Sunday, July 10, 2011

gak akan lari kemana

hari itu saya mengikuti interview untuk penerimaan magang di salah satu biro psikologi yang cukup terkenal di bandung sebagai tester klinik anak. saya nggak punya modal apa-apa selain ilmu psikologi yang saya punya dan cv milik saya. pengalaman dengan anak-anak? saya cuma sering jagain ade saya waktu dia masih balita. saya juga cukup dekat dengan keponakan-keponakan saya. udah, itu aja. dan saingan saya? wah...rata-rata mereka punya pengalaman ini itu. ikut organisasi ini itu. yah..udahlah,saya pasrah aja.

dan malamnya teman saya, Icha, menanyakan bagaimana proses interview yang sudah saya jalani. saya katakan sejujurnya kalau saya cuma bisa pasrah aja. dan dengan sangat wise-nya Icha bilang, "ris,rejeki itu udah ada yang ngatur.gak mungkin ketuker.kalo udah usaha,ya tgl doanya." wuiihh..kata-kata itu ngasih efek yang cukup besar buat saya. saya siap menerima keputusannya. kalau emang saya nggak keterima, ya mungkin memang bukan rejeki saya. mungkin rejeki saya ada di tempat lain. jadi ya bener-bener pasrah deh. tapi ternyata dua hari kemudian, saya ditelpon oleh pihak biro dan saya diberitahu bahwa saya lolos tahap 1 dan saya harus mengikuti tahap selanjutnya. ngasih tes (semacam psikotes) ke anak usia SD. DANK!!! jujur aja, saya ini agak-agak bolor kalau disuruh ngetes. jangankan anak kecil, temen sendiri aja suka bolor.

dan..lagi-lagi saya cuma bisa pasrah. cuma melakukan segalanya dengan baik. dari feedbacknya saya tahu,ada banyak kesalahan yang saya lakukan. banyak hal yang terlewat. yah..udahlah. lagi-lagi saya inget kata-kata icha, kalau ini rejeki saya ya harus diterima. kalau bukan, ya ikhlasin aja.

dua hari kemudian, saya kembali mendapat telpon dari biro. dan...saya diterima sebagai tester klinik anak. rasanya? senang. tapi mudah-mudahan nggak berlebihan. justru saya lebih banyak deg-degannya. tugasnya itu lhoo..wew. hahhaa. yah..semoga saya bisa mengemban tugas ini dengan baik ya. tolong dibantu-bantu doa ya. *prok prok prok*

jadi,terima kasih buat Icha atas kata-katanya yang menyenangkan. apa yang memang sudah ditakdirkan untuk kita, nggak akan lari kemana kok. hehe. :)



mungkin saya lebih cocok jadi temennya anak-anak kali ya.
daripada jadi testernya. hehe.


have a nice day,

~liris kinasih

Monday, June 27, 2011

kala

saya menemukan ini di blog teman saya, Jenie. dan..ya..sebelas dua belas sama apa yang saya rasakan. #ea

"mungkin terlalu picik kalau aku berpikir hanya aku yang paling sakit
tapi ada kalanya aku merasa nggak sanggup menghadapi segalanya
ada kalanya aku menutupi segalanya dengan tawa, senyum
sampai akhirnya, semuanya menjadi tangis menjadi amarah"

have a nice day,

Liris Kinasih

Monday, June 6, 2011

Siapa yang salah? Sistem atau siapa atau apa?

Malam itu pukul 9 ketika mama saya berada di luar rumah dan terlihat ada seorang gadis kecil berlari sambil menangis. Ibu si gadis kecil itu berteriak ke arah mama saya dan meminta tolong untuk menghentikan gadis itu. Setelah suasana sudah cukup tenang, mama saya bertanya apa yang sebenarnya terjadi. Ternyata gadis kecil, ibu serta adiknya yang masih balita datang ke pamulang (daerah rumah saya) untuk mencari bapak si gadis yang menjadi kuli bangunan. Mereka mencari si bapak untuk meminta uang bayaran sekolah. Karena si gadis diancam pihak sekolah untuk segera membayar uang sekolah atau tidak bisa mengikuti ujian di sekolah. Ketika ibunya bercerita, si gadis masih saja menangis. Ternyata mereka belum menemukan si bapak. Mama saya bertanya dimana rumah mereka. Si ibu menjawab “cileungsi”. Well, itu jauh banget dari pamulang. Dan itu udah malem banget. Masa iya sih mereka masih mau cari si bapak. Akhirnya mama saya secara sukarela memberikan sedikit uang untuk si anak. Mama saya bilang, “udah, ini ibu kasih uang ya. Lumayan buat bayar sekolah. Sekarang kamu pulang ya. Ini udah malem. Kasian adek kamu. Ya? Udah jangan nangis lagi. Ini uangnya buat bayar sekolah aja dulu. Kamu pasti boleh ikut ujian kok. Ya? Ini uangnya dikasih. Jadi nggak usah dipikirin dikembaliinnya gimana. Ya?” Si gadis pun menerima pemberian mama saya. Nggak berapa lam kemudian mereka pulang. Saya yang nggak berada di tkp aja kalau inget cerita ini miris banget. Miris.

Ada banyak orangtua yang pengen anaknya pinter. Jadi “orang” dan bisa menaikan kondisi keluarga mereka. Tapi kadang mereka terbentur oleh masalah biaya. Biaya sekolah di Indonesia itu luar biasa mahal lho. Bahkan sekarang, sekolah negeri aja mahalnya hampir sama kayak sekolah swasta. Kalau saya nggak salah inget, sampai sekarang program wajib belajar 9 tahun itu masih ada. Tapi gimana mau sekolah 9 tahun kalau buat bayar spp aja mereka nggak bisa. Nggak bayar spp = nggak boleh ujian, ujung-ujungnya anak nggak boleh sekolah. Satu anak bangsa mimpinya dihancurkan.Kan ada program sekolah gratis, ris. Iya yang gratis itu biaya sppnya. Biaya buku, seragam, uang gedung sekolah, dll mereka harus bayar kan. Butuh uang juga, kan. Terus, nasib anak-anak yang miskin gimana? buat makan aja mereka susah. Lagi-lagi satu anak bangsa mimpinya dihancurkan.

Ada program beasiswa, ris. Setau saya, kebanyakan beasiswa itu untuk anak-anak yang pintar bukan untuk anak-anak yang emang mau sekolah. Lha, gimana mereka mau pintar kalau mereka nggak dikasih kesempatan untuk belajar. Pulang sekolah mereka harus bantu orangtua cari uang buat makan. Kapan mereka belajarnya? Gimana mereka mau pintar? Gimana mereka mau dapet beasiswa?

Yah..mungkin saya aja yang terlalu mengkritik tapi nggak berbuat apa-apa. omong doang. Tapi ini buat saya berpikir, apa sebenarnya yang harus diperbaiki agar anak-anak punya kesempatan yang sama untuk pintar. Untuk bisa bermimpi dan mencapainya? Sistemnya kah? Atau siapa? Apa?

Yah..semoga suatu hari nanti saya bisa bantu mereka. Nggak Cuma omong aja. Daann..untuk para dewan disana, terima kasih lho udah banyak berpikir. Berpikir tentang gedung baru, jabatan, skandal ini itu. Masih banyak lho anak bangsa yang belom pinter. Ya..boro-boro bisa pinter, bisa makan juga susah. Makasih lho pak, bu..

Have a nice day,

~liris kinasih