speak out!!

setiap kejadian dalam blog ini adalah nyata. bila terdapat kesamaan tokoh, kejadian atau tempat... hm, sorry.
saya tidak memaksa anda untuk membaca blog ini. tapi jika itu pilihannya, nikmati!!

Saturday, September 27, 2008

bangsa konsumtif

tadinya gw agak-agak ga mau percaya kalo bangsa kita itu bangsa yang konsumtif. karna gw merasa nggak kaya gitu. karna gw ga gitu suka belanja. selain karna gw hemat [baca:kere], gw ga suka berada di tempat yang penuh dengan orang-orang yang emang niat banget belanja. jadi, kalo nggak penting-penting banget,males deh. jadi, gw agak-agak nggak percaya kalo bangsa kita itu bangsa konsumtif.
tapi, setelah hari ini gw jadi percaya. baru sadar aja gitu gw. hahaha. selama ini gw 'menutup mata'. hari ini gw nemenin sodara gw blanja baru [secara mau lebaran gitu deh]. ya ampun oh ya ampun. penuh banget. banget. banget. katanya ya nih, kita itu lagi susah. tapi teteup aja yang beli baju baru banyak banget. dan gw yakin, untuk 2 bulan ke depan, baju yang baru mereka beli udah jarang mereka pake. dan bakal terganti dengan baju yang baru lagi. jadi inilah yang disenangi para produsen pakaian. orang-orang cenderung merasa perlu membeli baju baru setelah baju yang lain baru terpakai kira-kira 2-3 kali.
dan menurut gw, lebaran itu nggak harus baru. Allah itu nggak liat baju kita baru atau enggak. tapi bagaimana amal-amal yang udah kita lakuin selama bulan puasa. niat puasanya yang dinilai, bukan baru atau nggak baju kita.
jadi mungkin, lebaran taun depan, kita bisa memaknai bulan puasa dan lebaran lebih dalem lagi. kalo kita punya rezeki lebih, dan ternyata baju-baju di lemari masih layak pakai, mending rezeki itu kita bagi untuk yang nggak mampu. itu lebih baik bukan?

2 comments:

eddy said...

Tulisan yang menarik dan punya bobot, terus terus terus menulis, sekali waktu ieyiz akan menuai manfaat dari kegiatan2 yang semula seperti hobby, sambilan atau ngisi waktu...
Mumpung masih muda explore terus kegiatan positive jangan hanya terpaku pada textbook kuliah...
Goodluck... Sukses selalu jangan lupa jaga kesehatan...

ieyiz said...

hm,,thx dad.
amien.semoga aku bs nulis yg lebih ada 'isi'nya.
hehehe