speak out!!

setiap kejadian dalam blog ini adalah nyata. bila terdapat kesamaan tokoh, kejadian atau tempat... hm, sorry.
saya tidak memaksa anda untuk membaca blog ini. tapi jika itu pilihannya, nikmati!!

Tuesday, September 16, 2008

hearing & listening

akhir-akhir ini. tepatnya sejak gw sakit dan pulang ke rumah, gw jadi berasa orang pengangguran. baca novel aja dikamar.atau nonton dvd aja. ckckckck. i miss my normal life. kuliah,ketemu orang2,ketawa2,menggila,dan melakukan keGILAan. hahaha. saking banyaknya novel yang gw baca dan film yang gw tonton, gw sampe lupa jalan ceritanya. hahha. sepertinya gw terkena gejala amnesia. tapi ada satu hal yang gw inget. ini entah gw ambil dari novel atau film.gw sadar akan tentang "hearing" & "listening". kalo di kamus,artinya ga jauh beda.mendengar.tapi kenapa beda ya?
dari buku itu [or that film] gw sadar, ternyata ada perbedaan antara "hearing" dengan "listening". "hearing" itu mendengar dengan baik. artinya, kita bisa ngerti sama maksud kata-kata yang masuk ke telinga kita. "listening" sendiri artinya hanya mendengar. istilahnya masuk kuping kanan keluar kuping kiri.
kapan ya terakhir gw mencoba "hearing"? kayaknya gw lebih sering "listening" dibandingkan "hearing". gw sering banget mengabaikan kata-kata orang. mungkin yang lebih sering sama orang tua. kadang gw nggak abis pikir sama jalan pikiran mereka yang agak konservatif. gw suka nggak terima sama apa yang menurut mereka itu bener. jadi setiap mereka ngomong sama gw, yang ada masuk kuping kanan keluar kuping kiri. bahkan, "hearing" itu sendiri sering gw lakuin buat temen-temen gw. gw mendengarkan dengan baik apa yang mereka bilang.
sampai akhirnya gw coba untuk "hearing" ke orang tua gw. gw mencoba memahami apa maksud mereka. awalnya gw juga masih nggak abis pikir. tapi semua itu bisa dilatihkan? yang gw perlu itu cuma kesabaran. kesabaran untuk mendengar mereka. yah, sejauh ini gw bisa ngerti kalo intinya yang mereka omongin selama ini adalah sesuatu yang terbaik buat gw. yah, apa salah sih mendengar apa kata orang yang sayang sama kita?
gw memutuskan untuk bisa "hearing" ketimbang "listening". gw mencoba untuk bisa membedakan mana yang harus gw "dengar" dan mana hanya gw "dengar. karna kadang teman kita sendiri nggak tau apa yang sebenernya terbaik buat kita. dan kadang ada teman yang justru menjatuhkan. jadi,apa salahnya untuk mencoba "hearing"? mungkin ada hal-hal yang slama ini nggak kita dengar.

No comments: